Cara Merawat Tubuh Setelah Melahirkan Agar Tetap Langsing

Kehamilan merupakan hal yang di tunggu – tunggu bagi semua wanita, khususnya keluarga baru. Kehamilan ini akan menjadi sebuah anugerah dalam sebuah keluarga. Oleh karena itu ibu hamil akan di perlakukan secara baik dan khusus. Pada saat hamil anda akan mengalami penambahan berat badan, dan perut yang akan semakin besar seiring bertambahnya usia kandungan. Ini dikarenakan janin yang ada di dalam kandungan mengalami perkembangan.

Kebanyakan ibu akan bingung setelah melahirkan. Karena setelah melahirkan badan yang kita miliki masih seperti saat kita hamil, yaitu perut yang kendor. Oleh karena itu kebanyakan ibu akan mencari cara agar tubuh yang dimiliki akan kembali semula seperti saat belum hamil.

Cara merawat tubuh setelah melahirkan
Cara Merawat Tubuh Setelah Melahirkan Agar Tetap Langsing :

1. Konsumsilah jamu bersalin.
Cara merawat tubuh setelah melahirkan secara alami adalah dengan mengkonsumsi jamu bersalin lengkap. Jamu ini dapat berbentuk minuman, masker dan lulur.

2. Gunakan ramuan lidah buaya.
Agar elastisitas kulit perut anda kembali anda dapat menggunakan ramuan lidah buaya. Ramuan yang dibuat dari campuran lidah buaya, kapur dan minyak kayu putih ini dapat anda gunakan sebagai lulur. Cara merawat tubuh setelah melahirkan dengan ramuan ini juga dapat berguna untuk menyamarkan bekas stretch mark yang terjadi saat masa kehamilan.

3. Konsumsilah banyak buah dan sayuran.
Elastisitas kulit dan kesehatan kulit dapat kembali karena kandungan Vitamin C, kolagen dan Vitamin E yang terdapat pada buah-buahan dan sayuran. Perbaikan jaringan kulit dapat di perbaiki dengan mengonsumsi buah apel, beri, kiwi dan brokoli.

4. Menggunakan gurita.
Dengan menggunakan gurita, kendor pada otot perut karena tekanan dan volume janin pada perut akan kembali. Selain itu goncangan pada organ reproduksi ( rahim ) dapat di cegah menggunakan gurita.

5. Melakukan Pijatan.
Cara merawat tubuh setelah melahirkan alami juga dapat dilakukan dengan melakukan pijatan pada tubuh anda. elastisitas jaringan kulit yang kendor ( setelah melahirkan ) dapat kembali dengan melakukan pijatan juga olahraga ringan secara rutin.

6. Lakukanlah senam.
Kebugaran dan bentuk tubuh akan kembali secara efektif dengan senam yang khusus untuk ibu pasca melahirkan. Untuk memulai senam itu, anda dapat berkonsultasi pada dokter anda.

7. Anda dapat melakukan relaksasi / mandi uap.
Dengan melakukan mandi uap / relaksasi tubuh anda akan fit kembali, dan pikiran anda akan tenang setelah seharian lelah dengan aktivitas anda.

8. Konsumsilah banyak air putih.
Lemak yang terdapat pada tubuh dapat larut jika anda mengonsumsi banyak air putih, selain itu dengan minum air putih tubuh tidak akan kekurangan cairan. Sehingga asupan gizi untuk bayi tersedia banyak di dalam ASI.

9. Gunakan pilis pada pagi hari.
Dengan penggunaan pilis pada dahi setelah masa kelahiran dan 40 hari berikutnya akan membuat peredaran darah lancar dan akan mencegah naiknya darah putih ke atas.

10. Gunakanlah parem.
Pasca melahirkan ibu biasanya akan mengalami pegal bagian kaki, oleh karena itu gunakanlah parem untuk mengolesi kaki sehingga pegal pada kaki akan berkurang bahkan hilang.

Bagi anda yang baru melahirkan, cara merawat tubuh setelah melahirkan di atas akan mampu mengatasi masalah yang terjadi pasca melahirkan. Sehingga tubuh anda akan sehat ( dapat merawat buah hati dengan baik ) dan bentuk tubuh anda akan kembali. Semoga tips di atas dapat menginspirasi dan bermanfaat.

 

Sumber: http://www.sentrakesehatan.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *